Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bangun Kit Pers Online yang Lebih Baik

Beberapa survei terbaru terhadap jurnalis dan reporter menunjukkan bahwa sebagian besar lebih suka menggunakan ruang media online/pers kit dibandingkan dengan hard copy press kit kuno. Mengapa? Internet buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Seorang reporter yang sibuk pada tenggat waktu dapat masuk dan berlayar dari satu kit pers online ke yang berikutnya tanpa harus menunggu paket semalam atau faks.


Banyak bisnis dan humas yang menggunakan teknologi baru ini dalam hubungan media dan sedang terburu-buru untuk mengembangkan perangkat pers online mereka sendiri atau untuk klien mereka. Seperti situs Web, kit pers online harus berisi elemen-elemen tertentu, harus membuat beberapa fitur lebih menonjol daripada yang lain, dan mudah dinavigasi. Berikut adalah beberapa "yang harus dan tidak boleh dilakukan" untuk dipertimbangkan sebelum Anda terjun dan mulai membuat kit pers online.


<b>Perlengkapan pers online <i>Harus</i>:</b>


<b>Mudah ditemukan jika ditautkan ke situs Web utama.</b> Misalnya, jika Air Minum Dalam Kemasan ABC telah memiliki situs Web publik atau konsumen, ruang media terpisah dapat ditautkan ke halaman beranda situs Web. Tautan ini harus muncul dengan jelas – baik di menu situs atau di halaman beranda. Wartawan tidak punya waktu untuk mencarinya. Juga, jika ruang media ditautkan ke situs "utama", ruang media harus berbagi "tampilan dan nuansa" situs utama, sehingga reporter tidak merasa tautan mereka telah diteruskan ke beberapa situs yang tidak terkait.


<b>Menyediakan materi yang biasa digunakan oleh media.</b> Press kit umum biasanya berisi latar belakang, FAQ, dan profil individu/juru bicara kunci. Inilah yang ingin dilihat oleh seorang reporter ketika dia mengunjungi ruang media online Anda. Tujuan dari menyediakan dokumen-dokumen umum ini adalah untuk meminimalkan pekerjaan tambahan yang perlu dilakukan seorang reporter untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan. Item penting lainnya untuk disertakan adalah resolusi tinggi, foto digital, grafis logo digital resolusi tinggi, dan tentu saja, siaran pers. Ruang media online yang baik akan dilengkapi dengan perpustakaan media di mana semua jenis file dapat diunggah, disimpan, dan didistribusikan, termasuk materi kit pers umum.


<b>Sertakan liputan media yang sudah diterima.</b> Ketika sebuah perusahaan, organisasi, atau individu telah diliput oleh media (lebih disukai), ini membantu untuk "melegitimasi" mereka. Namun, berhati-hatilah dengan masalah hak cipta saat memposting ulang artikel. Jika Anda atau organisasi Anda telah muncul di media, gunakan apa pun mulai dari klip audio, klip video, dan tautan ke situs web outlet media di halaman “In the News” ruang media online Anda. Periksa dengan tempat media untuk izin cetak ulang.


<b>Sertakan informasi kontak media dengan jelas.</b> Jika orang yang menangani hubungan media bukan karyawan perusahaan/organisasi, pastikan info kontak di ruang media online mengarahkan reporter ke orang tersebut. Jika seorang reporter menjangkau dan permintaannya hilang di dunia maya, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali.


<b>Perlengkapan Pers Online <i>Sebaiknya Tidak</i>:</b>

 

<b>Menggabungkan info untuk publik DAN media.</b> Idealnya, informasi yang disediakan untuk media harus terpisah dari konten yang ditujukan untuk publik atau konsumen. Salah satu alasan adalah bahwa hal itu membuat lebih sulit bagi media untuk menemukan apa yang diinginkannya, dan alasan lainnya adalah karena hal itu mengurangi kendali Anda atas informasi yang diberikan kepada media. Perpesanan sangat penting, dan meskipun kadang-kadang dapat bervariasi untuk publik, itu harus selalu konsisten untuk media – lagi pula, perpesanan Anda adalah apa yang mereka gunakan untuk melindungi Anda.


<b>Mengharuskan reporter untuk membuat banyak permintaan untuk info tambahan.</b> Akan selalu ada beberapa hal yang tidak ingin Anda berikan secara online secara konstan. Ini dapat mencakup foto atau ebook tertentu. Simpan contoh ini seminimal mungkin! Dalam kasus seperti ini, boleh saja mengatakan “silahkan hubungi kami untuk foto-foto acara ini”, atau “silahkan hubungi kami untuk contoh ebook”. Beberapa ruang media memiliki ruang file yang sangat terbatas, yang mungkin mengharuskan Anda mengunggah foto beresolusi rendah untuk menghemat ruang. Meminta reporter untuk menghubungi Anda untuk foto resolusi tinggi juga tidak apa-apa. Inti dari ruang media online adalah untuk menyediakan sebagian besar kebutuhan media.


<b>Jangan ketinggalan zaman.</b> Perbarui materi kit pers sesuai kebutuhan, dan usahakan agar siaran pers terkini tersedia – meskipun tidak didistribusikan melalui kabel atau kepada wartawan secara langsung. Dengan menjaga pasokan "berita" tepat waktu di ruang media Anda, akan jelas bagi media bahwa ia menerima perhatian Anda.


<b>Kiat Bermanfaat Lainnya:


Gunakan tautan – bukan lampiran email!</b> Ruang media dengan perpustakaan media seharusnya memungkinkan Anda mengunggah dokumen dan membuat URL ke lokasinya secara online, yang dapat Anda berikan ke media alih-alih lampiran email. Kapan terakhir kali Anda membuka email dari orang asing yang memiliki lampiran?


<b>Punya blog? Tautkan ke ruang media online Anda.</b> Blog adalah cara yang bagus untuk mendiskusikan perusahaan, tujuan, atau industri Anda dan sering digunakan oleh anggota media saat meneliti seseorang/sesuatu untuk sebuah cerita. Jika Anda memilikinya, dd link ke ruang media Anda. Jika Anda tidak memilikinya, pertimbangkan untuk mendapatkannya.


Dengan mengikuti kiat-kiat ini dan dengan menempatkan diri Anda pada posisi seorang jurnalis, Anda akan dapat mengembangkan kehadiran online yang informatif dan nyaman. Lakukan ini dan Anda akan memenuhi tuntutan media dan meningkatkan kemungkinan mendapatkan eksposur editorial.